Skip to main content

Apa Itu Fans Karbitan?

Fans Karbitan

Apa sih maksudnya fans karbitan? Fans yang berprofesi sebagai tukang las kah? Hahahaha, tentu bukan. Fans karbitan adalah fans yang tidak memiliki kesetiaan atau fans yang muncul disaat senang dan menghilang disaat susah.
Karbitan
Logo resmi fans karbitan versi Liga Primer
Fans karbitan tak selalu buta sepak bola (terutama klub dukungannya), tapi yang jelas mereka adalah tipikal yang mau enaknya saja, jadi fans pun hanya karena ingin eksis. Mereka juga bukan pecinta sepakbola netral yang bisa saja tidak menjadi fans tim / klub tertentu.

Berikut adalah 7 indikator fans karbitan:

1). Glory Hunter (25%)
Setiap fans biasanya memang lahir dari masa kejayaan klub. Jadi, jika klub dukungannya sedang berjaya, sulit untuk memvonis dia sebagai karbitan. Yang terpenting dan yang menjadi elemen utama adalah loyalitas, yaitu disaat klub mengalami masa sulit, dukungannya tetap ada. 

2). Mendukung lebih dari satu klub disatu kompetisi (25%)
Mengaku fans lebih dari satu klub adalah normal asal keduanya berada di kompetisi berbeda. Misalkan 1 klub lokal dan 1 klub internasonal. Tapi jika dia mengaku fans 2 klub sekaligus dalam 1 kompetisi, rasanya tak ada alasan menyulitkan untuk menyebutnya sebagi seorang karbitan.

3). Menonton pertandingan timnya tidaklah penting (20%)
Mungkin karena kesibukan dia tidak selalu bisa menonton, tapi bagaimana jika sudah dianggap tidak penting? Berarti ia tidak total mencintai klub. Menonton pertandingan merupakan wujud dasar dari seorang fans dan penyuka sepakbola, bukan jersey.

4). Memiliki, memasang atau memakai simbol klub lain (10%)
Pantang bagi fans sebuah klub memiliki embel-embel klub lain seperti jersey, namun kadang seseorang bisa saja menyukainya karena alasan estetika atau hadiah yang salah, yang pasti dia memiliki jersey klub lain bukan karena menyukai klubnya tapi murni karena fashion (koleksi). 

5). Lebih menyukai pemain dibanding klub yang dibelanya (10%)
Ini tidak sama dengan menyukai klub karena pemain. Golongan ini lebih pantas disebut fans pemain (personal) bukan klub. Tanyakan, bagaimana jika pemain itu nantinya pindah klub, apakah dia tetap di klub atau ikutan mendukung klub baru si pemain? Heheee..

6). Pengetahuannya soal sejarah klub kesukaan jongkok (10%)
Biasanya seorang fans mengetahui sejarah sejarah dasar sebuah klub seperti jumlah gelar, tahun berdiri, tahun juara, pemain legendaris dan walau sedikit, rasanya itu sudah cukup. Ada pepatah yang mengatakan "tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta".

Nah, dari 6 indikator di atas, jika yang terpenuhi salah satunya saja belum tentu dia karbitan, namun jika skornya lebih dari 50% (dalam versi saya) maka orang itu kemungkinan besar fans karbitan.

Oh ya, artikel ini juga bisa berlaku bagi fans di bidang lain seperti musik.

Comments

  1. kalo menurut gw, persentasenya seharusnya:
    1. Glory Hunter (10%)
    2. Menonton ga penting (15%)
    3. Fans lebih dari satu klub (15%)
    4. Punya banyak Jersey (5%)
    5. Suka karna pemain (15%)
    6. Ga tau sejarah klub (25%! fatal ini!)
    7. Tidak mengakui rekor tim lain (5%)
    8. Fans bertahun-tahun (5%)
    9. Bangga pada diri sendiri (5%)

    ReplyDelete
  2. fans karbitan = fans yang merasa hebat dan tau segalanya padahal baru nge fans bola pasca 2006

    ReplyDelete
    Replies
    1. bg aku mau nanyak, emang kalau dari tahun 2006 enggak boleh ngefans sama club bola ? nanyak aja bg hehehe

      Delete
  3. Gila lu..., kayak gini aja diributin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak usah di baca kali, orang cuman share...

      Delete
  4. Dukung 2 klub dalam 1 kompetisi yang sama sih gak layak dibilang karbitan. Wa sebagai fans Arsenal dan Man City sering dibully dan wa gak ngerti salahnya di mana. Mungkin bisa dijelaskan?

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya.
Terimakasih untuk tidak memasang link aktif.

Popular posts from this blog

Beda Banci, Bencong, Waria dan Gay

Ini adalah postingan paling bikin "geli" yang pernah saya tulis. Berhubung sejak era globalisasi fenomena invasi makhluk-makhluk non mitologi ini semakin marak dan cukup mengkhawatirkan, akhirnya saya beranikan juga jari-jari ini untuk terus mengetik. Semoga hasil tulisan ini layak baca dan tidak kena RUU Pornografi atau saya nggak di demo ama mereka, hihihihi!! 1. Banci Mereka adalah sosok makhluk yang terlahir dengan jenis kelamin laki-laki pada akta kelahiran, tapi sayangnya akta tidak menuliskan kalau naluri mereka perempuan. Ya, tampilan luar mereka seperti laki-laki tapi pembawaannya gemulai seperti perempuan, sekalipun mereka mengaku laki-laki. Banci bukanlah bencong yang biasa diuber Satpol PP di taman kota, mereka ini biasanya beredar di hotel, salon-salon atau butik dan jangan salah, mereka ini banyak juga yang elit loh... Ciri berpakaian ( ga patokan sih ): kemeja transparan dan celana kulit ketat, terlihat macho? Bagaimana jika dipadukan dengan highheels ? 2.

Puddle Of Mudd - Blurry

Lagu yang satu ini benar-benar menyentuh banget buat saya. Genre rock tentu sudah menjadi prasyarat disamping musik yang sedikit balad membuat lagu ini semakin gelap dan berkesan untuk diresapi. Puddle of Mudd - Blurry .Lagu ini bercerita tentang perpisahan dengan orang yang dicintai dan meninggalkan rasa sakit yang teramat dalam.