Skip to main content

Ban Tubeless, Tambal Luar Atau Dalam?

Ban Tubeless
Ban Tubeless
Ini pertama kalinya ban mobil saya gembos. Setelah dicek ternyata ada paku kabel yang menancap. Karena gak ada rencana keluar hari itu, maka diputuskan untuk membuka roda dan membawanya ke tempat tambal ban.

Berhubung si Vario dibawa adik sekolah, ban 16 inci punya si maroon terpaksa saya bawa dengan motor legendaris kepunyaan saya; SupraX 125D tahun 2005. Berasa bawa moge karena setang cuma bisa gerak dikit.

Walau kesusahan bawa motor, mencari tempat tambal saya tidak mau sembarangan, tempatnya harus meyakinkan. Akhirnya sampailah saya ke sebuah bengkel spesialis roda bernama Ahmad Ban. Waaaah, apa mungkin bengkel ini kepunyaan Ahmad Dhani? Ah, sudahlah... 

Sesampainya di bengkel, saya langsung kasi liat paku kabel yang masih nancep ke mekaniknya (sengaja ga dicabut), lalu mekaniknya nanya "ini mau ditambal luar apa tambal dalam?". Jiahhh, jadi bingung. Dengan tampang sok berpengalaman saya langsung bilang "dalam ajalah...".

Sambil nunggu si abang kerja saya pun diam-diam menghubungi mbah Google. Ternyata oh ternyata, saya sendiri baru ngeh kenapa ditanya begitu, ternyata ban mobil saya berjenis tubeless dan metode tambalnya ada 2: tambal dalam dan tambal luar. Kemana saya selama ini?

Jadi ban tubeless ini tidak memakai ban dalam, dengan kata lain angin langsung masuk ke dalam ban dan pentilnya terpasang pada ban. Beda dengan yang memakai ban dalam yang mana anginnya terisi pada ban dalam, pentilnya pun terpasang pada ban dalam. Katro banget gue.

Ban tubeless ini disebut punya kelebihan tidak mudah bocor sekalipun tertancap paku, tapi pada kasus saya agak beda karena pakunya paku kabel yang punya kait dari plastik yang membuat ban sobek, gak besar sih tapi cukup buat keluar angin sampai gembos ga bersisa.

Pada akhirnya, walau sudah tau tambal dalam lebih mahal ketimbang tambal luar, tapi keputusan saya untuk tambal dalam terbukti tepat, karena metode tambal yang biasa disebut tip top ini dinilai lebih meyakinkan daripada tambal luar (setelah Googling sana sini, hahaha).

Bayangkan, dengan metode tambal luar lubang yang bocor akan dikorek lagi jadi semakin besar dan selanjutnya ditutup dari luar dengan menyelipkan dan merekatkan sejenis karet khusus berbentuk cacing. Banyak yang mengatakan hal ini bisa merusak kontur ban.

Tambal Ban Luar
Tambal Ban Luar
Beda dengan metode tip top atau tambal dalam dimana lubang cukup ditutup saja dengan karet khusus penambal ban seukuran koin Rp100 jadul. Tapi ya itu, karena proses kerjanya lebih banyak, tarifnya pun jadi lebih mahal. Ah, ga apalah, yang penting aman.

Tambal Ban Tip Top
Tambal Ban Tip Top
Setelah selesai saya pun pulang sambil membonceng itu roda di depan, bawa motornya keteteran abis! Ngalur ngidul kayak orang mabok oplosan Maklum, untuk ukuran laki-laki badan saya ini tergolong imut. 

Demikianlah sedikit sharing pengalaman katro dari saya. Buat kamu yang punya mobil / motor mending dicek dari sekarang jenis bannya, biar ga malu-maluin ntar kalau kejadian gembos dan musti ditambal ke bengkel. Ada tulisannya kok.

Comments

Popular posts from this blog

Believe Me: Ternyata Cabut Gigi Itu Tidak Sakit!

Saya mau share pengalaman cabut gigi yang bagi sebagian orang begitu "horor". Seperti biasa, sebelum dicabut saya tanya sana-sini. Yang ditanya ya macam-macam. Mulai dari biaya, dokter, tempat dan pastinya: "sakit nggak siiihh?". Karena ini pengalaman pertama, maka saya akan ulas tuntas bagi para pembaca.
Selasa, 25 Juni 2013 saya telah resmi kehilangan 2 geraham. Ingat, dua. Harus diakui, untuk urusan gigi saya memang bukan contoh yang baik, khususnya bagi anak-anak.
Problem Gigi
2 geraham bawah kiri saya sudah dalam keadaan kritis. Dokter bilang nomor 36, 37 (ternyata gigi punya nomer antrian juga). Kondisinya? Kayak tanah dihantam meteor. Saya gak akan beri gambaran lebih detil deh..., parah.
Kunjungan Pertama Oke, lanjut. Seminggu sebelumnya saya sudah datang, tapi berhubung gusi sedang meradang, operasi pun batal. Saya hanya diberi antibiotik dan sejenis painkiller. Sebenarnya bayar, kena Rp50000. Hehehehee...
Kunjungan Yang Kedua
Seminggu berlalu, bengkak pun hi…

Perbedaan Jacket, Sweater, Cardigan, Jas dan Blazer

Mungkin sudah banyak yang mengetahui 5 jenis outerwear ini, tapi masih banyak juga yang keliru membedakannya. Blazer disebut jacket, cardigan disebut sweater dan begitu seterusnya. Agar tidak salah kaprah, berikut perbedaan masing-masingnya. 1. Jacket Jacket adalah outerwear yang memiliki banyak varian bahan dan desain seperti kulit, parasut, denim. Umumnya memakai bahan yang kedap air atau tidak mudah basah serta berat dan akan terasa gerah jika dipakai dalam waktu yang lama.
2. Sweater Sweater adalah outerwear berkontur tebal dengan bahan yang lembut dan hangat. Biasanya dari benang wol. Kekeliruan sering terjadi saat menyebut sweater sebagai cardigan. Sweater merupakan terusan, tanpa kancing atau resleting.
3. Cardigan  Cardigan bisa dibilang turunan dari sweater tapi dengan kontur yang lebih tipis dan slim. Desain cardigan bisa dibilang seperti hasil 'kawin silang' antara sweater dengan kemeja, hal yang jadi perbedaan dasar antara sweater dengan cardigan.
4. Jas Jas merupakan…

Aturan Mengenai Lagu Plagiat

Lagu plagiat tak lagi berdasar pada 8 bar! Undang-Undang Hak Cipta Tahun 2002 sebagai perbaikan dari Undang-Undang Hak Cipta Tahun 1982 mulai disosialisasikan. Musisi Indonesia dituntut lebih kreatif dan hati-hati dalam mengarang lagu.

Salah satu hal yang paling ditekankan dalam sosialisasi tersebut adalah hal baru yang disebut substantial part. ”Yaitu, bagian terpenting dalam musik yang pernah dikenal orang,” jelas James F.Sundah, musisi senior sekaligus ketua bidang teknologi informasi dan apresiasi seni PAPPRI. Substantial part mempertegas batasan sebuah lagu dikatakan plagiat atau tidak. Sebelumnya, kata James, sebuah lagu dikatakan plagiat alias menyontek jika memiliki kesamaan dengan lagu lainnya sebanyak 8 bar.

”Tapi, dengan aturan baru ini, belum sampai satu bar pun, jika sudah terdengar seperti lagu milik orang lain, bisa dikatakan plagiat,” jelasnya setelah pengumuman Lomba Cipta Nyanyian Anak Bangsa 2008 di Hotel Millenium Minggu.
Kesamaan itu bisa dalam bentu…