Skip to main content

Tips Smart Beli Smartphone Ala Rico

Smartphone bisa dibilang sudah menjadi barang wajib bagi orang jaman sekarang. Dari pengalaman saya, banyak orang yang keliru dan menyesal setelah membeli smartphone yang ternyata tak sesuai ekspetasi mereka.

Tips Membeli Smartphone
Tips Membeli Smartphone

Oleh karena itu, lewat tulisan ini saya akan coba membantu pembaca tentang bagaimana caranya memilih dan membeli smartphone yang benar, agar tidak kecewa setelahnya.

1. Tentukan Anggaran
Kamu orang banyak duit? Silahkan lewati langkah ini. Tapi buat kamu yang punya anggaran khusus itu lebih baik. Tentukan batas maksimal (range) anggaran kamu, apakah itu 1 juta, 2 juta, 3 juta, dst. Jadi kategori smartphone yang akan kamu beli berdasarkan anggaran yang tersedia bukan fitur apalagi brand.

Buat saya, yang membeli smartphone hanya karena brand image terlalu kolot. Pengecualian untuk smartphone kelas high end atau premium.

2. Tentukan Fitur Utama
Nantinya smartphone lebih sering digunakan untuk keperluan apa? Jika untuk keperluan fotografi seperti selfie, pilih yang memiliki kamera bagus. Jika untuk multitasking, menginstal banyak aplikasi atau menjalankan aplikasi berat seperti game HD, jelas yang memiliki spesifikasi teknis tinggi.

Produk yang dikeluarkan selalu memiliki keunggulan utama disatu fitur. Ini strategi bisnis yang wajar untuk smartphone kelas mid / low end.

3. Lakukan Survei Tertutup
Survei tertutup artinya mencari jenis smartphone yang harganya berkisar / mendekati anggaran maksimal kamu. Cari kelebihan dan kekurangannya, Googling atau tanya langsung pada orang yang sudah memakai. Pada langkah ini, akan didapat beberapa kandidat smartphone baru kamu.

Mengetahui kelebihan dan kekurangan suatu produk amat penting. Selain menyesuaikan dengan kebutuhan juga sebagai bahan komparasi.

4. Lakukan Survei Lapangan
Ingat, yang kamu beli ini bukan barang seharga puluhan atau ratusan ribu, tapi jutaan. Selisih 50 ribu pun sangat berarti. Ingin mendapatkan harga terbaik pastinya bukan? Jadi, survei lapangan ini adalah survei harga. Jangan hanya mengunjungi satu outlet saja, semakin banyak semakin baik.

Setiap gerai atau outlet atau reseller selalu punya kebijakan harga tersendiri. Hal ini terkait dengan target laba / keuntungan mereka.

Kesimpulannya; tentukan anggaran (minimal ke maksimal), tentukan fitur unggulan (yang jadi prioritas penggunaan), cari kelebihan dan kelemahan produk tersebut (bandingkan para kandidat smartphone baru), cari tempat terbaik untuk membeli (bandingkan harga & layanan).



Demikianlah tips smart beli smartphone dari saya.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Fans Karbitan?

Apa sih maksudnya fans karbitan? Fans yang berprofesi sebagai tukang las kah? Hahahaha, tentu bukan. Fans karbitan adalah fans yang tidak memiliki kesetiaan atau fans yang muncul disaat senang dan menghilang disaat susah. Logo resmi fans karbitan versi Liga Primer Fans karbitan tak selalu buta sepak bola (terutama klub dukungannya), tapi yang jelas mereka adalah tipikal yang mau enaknya saja, jadi fans pun hanya karena ingin eksis. Mereka juga bukan pecinta sepakbola netral yang bisa saja tidak menjadi fans tim / klub tertentu. Berikut adalah 7 indikator fans karbitan: 1). Glory Hunter  (25%) Setiap fans biasanya memang lahir dari masa kejayaan klub. Jadi, jika klub dukungannya sedang berjaya, sulit untuk memvonis dia sebagai karbitan. Yang terpenting dan yang menjadi elemen utama adalah loyalitas, yaitu disaat klub mengalami masa sulit, dukungannya tetap ada.  2). Mendukung lebih dari satu klub disatu kompetisi   (25%) Mengaku fans lebih dari satu klu

Beda Banci, Bencong, Waria dan Gay

Ini adalah postingan paling bikin "geli" yang pernah saya tulis. Berhubung sejak era globalisasi fenomena invasi makhluk-makhluk non mitologi ini semakin marak dan cukup mengkhawatirkan, akhirnya saya beranikan juga jari-jari ini untuk terus mengetik. Semoga hasil tulisan ini layak baca dan tidak kena RUU Pornografi atau saya nggak di demo ama mereka, hihihihi!! 1. Banci Mereka adalah sosok makhluk yang terlahir dengan jenis kelamin laki-laki pada akta kelahiran, tapi sayangnya akta tidak menuliskan kalau naluri mereka perempuan. Ya, tampilan luar mereka seperti laki-laki tapi pembawaannya gemulai seperti perempuan, sekalipun mereka mengaku laki-laki. Banci bukanlah bencong yang biasa diuber Satpol PP di taman kota, mereka ini biasanya beredar di hotel, salon-salon atau butik dan jangan salah, mereka ini banyak juga yang elit loh... Ciri berpakaian ( ga patokan sih ): kemeja transparan dan celana kulit ketat, terlihat macho? Bagaimana jika dipadukan dengan highheels ? 2.

Puddle Of Mudd - Blurry

Lagu yang satu ini benar-benar menyentuh banget buat saya. Genre rock tentu sudah menjadi prasyarat disamping musik yang sedikit balad membuat lagu ini semakin gelap dan berkesan untuk diresapi. Puddle of Mudd - Blurry .Lagu ini bercerita tentang perpisahan dengan orang yang dicintai dan meninggalkan rasa sakit yang teramat dalam.