Skip to main content

Gigi Berlubang? Sakit? Jangan Masukkan Apapun!

Pengobatan Sakit Pada Gigi Berlubang
Pengobatan Sakit Pada Gigi Berlubang
Ini adalah tulisan yang saya susun berdasarkan pengalaman sendiri. Yup, saya memang punya riwayat sakit gigi yang panjang, sudah sejak SMP. Bisa dibilang saya punya banyak pengalaman dengan sakit gigi.

Bagi penderita gigi berlubang, sakit gigi hanya soal waktu. Cepat atau lambat pasti akan mengalami jika dibiarkan begitu saja. Buat saya, penanganan logis untuk gigi berlubang hanya dua: tambal atau cabut. Memang ada perawatan medis bagi gigi berlubang, seperti terapi, tapi itu menyita waktu dan uang.

Nah, saat sakit gigi seringkali kita mencoba untuk meredakan nyeri atau mengobatinya dengan memasukkan sesuatu ke dalam lubang gigi. Entah itu berupa minyak, rempah atau lainnya yang dianggap bisa mengatasi permasalahan pada gigi, tapi percayalah, itu semua cuma sugesti, sedikit sekali yang berhasil.

Mungkin beberapa 'ramuan' memang mampu meredakan rasa nyeri, tapi dari pengalaman saya, sifatnya temporer alias sementara. Jarang sekali yang menghilangkan sakit secara permanen. Bahkan tak jarang malah membuat gigi yang tadinya hanya ngilu atau nyeri sedikit jadi bertambah sakit.

Dari yang saya pelajari, saat gigi sakit, ada beberapa level atau tingkat sensitifitas pada gigi yang sakit tersebut. Katakanlah gigi kita sebenarnya hanya sakit sedikit, tapi sedang sensitif. Namun karena khawatir bertambah sakit kita memasukan ramuan ke dalam lubang, hasilnya? Gigi malah bertambah sakit.

Saya pernah mencoba beragam cara. Cabe rawit, bawang merah, bawang putih, minyak angin, garam, minyak cap kakak tua, jeruk nipis bahkan saking frustasinya saya pernah mencoba cara konyol: menggingit batu es! Hasilnya? Saya menggelinjang seperti ayam disembelih. Nyerinya luar biasa menyakitkan.

Memasukkan ramuan ke dalam lubang gigi sebenarnya sama dengan memasukkan ramuan ke dalam jaringan atau lapisan gigi. Kita tidak bisa mendeteksi tingkat sensifitas tersebut, jika tidak sedang sensitif, mungkin trik itu akan berhasil, jika sedang sensitif? Bersiaplah untuk penderitaan yang semakin parah.
Bagian Gigi Berlubang
Bagian Gigi Berlubang
Kalau sudah demikian, bagaimana caranya mengatasi sakit gigi pada gigi berlubang? Sebenarnya sederhana, tapi butuh kesabaran yang luar biasa:
  1. Pertama, jangan beri perlakuan apapun pada gigi. Kalau perlu minimalkan pergerakan rahang atau mulut serta gesekan pada gigi. Normalnya nyeri akan berkurang bahkan menghilang dengan sendirinya, walau lambat, tapi alami.
  2. Kedua, hindari kebiasaan yang menjadi penyebab gigi sakit seperti: meminum minuman yang dingin atau panas, memakan makanan yang keras dan alot, merokok, menyedot, menghisap atau tidak menggosok gigi.
  3. Ketiga, minumlah obat antibiotik. Bisa didapat di apotek. Saya biasanya mengandalkan amoxicillin yang sudah dikenal sebagai antibiotik level standar dan antalgin sebagai peredam rasa nyeri. (Sebaiknya dengan rujukan dokter).
Kesimpulannya? Pertama, tidak ada obat sakit gigi yang benar-benar mampu menyembuhkan sakit gigi secara instan apalagi permanen. Jika ingin menghilangkan sakit gigi secara permanen jawabannya hanyalah dengan penanganan medis yang tepat.

Kesimpulan kedua, dengan memasukkan sesuatu ke dalam lubang gigi yang sedang sakit, kita sebenarnya sedang memperparah kondisi penyakit itu sendiri. Tak hanya itu, kita juga sengaja menghambat proses penyembuhan gigi secara alami. 
Gigi yang sakit ibarat luka yang sedang terbuka dan kemudian kita memasukan beragam benda tak steril ke dalamnya? ayolah..." - rickorockers

Comments

  1. Hm.. tapi banyak anjuran orang lain masukkan cengkeh, kapas, pil, dll..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari pengalaman saya kalau sakitnya masih dalam level ringan (tapi mengganggu) ya tidak apa, untuk resiko ya tanggung sendiri.

      Delete
  2. kalo udah sakit mah parah bisa satu badan kena sakit semua. Biasanya gw berobat ke klinik gigi biar cepet ditangani dan di kasih obat.

    ReplyDelete
  3. Saya mengalami sakit gigi dr saya smp hingga sekrng,sakitnya luar biasa,udh coba obat tradisional ttp terasa sakit,tp lambat laun smbh sendri,lebih baik skt hti drpda sakit gigi brow

    ReplyDelete
  4. Iya bener kak, gigiku gg lubang tapi kaya rontok yang geraham sisa setengah, pernah berasa ngilu, aku kasih bawang eh malah sakitnya luar binasašŸ˜„

    ReplyDelete
  5. Setuju bangett! Mending juga langsung ditangani sama ahli nya aja, takut nya malah tambah infeksi dan makin parah sakitnya. Bulan kemarin gue ngalamin sakit gigi, di gigi geraham gue ada yang berlubang, gue coba obatin pakai obat yang gue beli dari apotik tapi gak meredakan sakit nya. Terus besok nya gue langsung ke klinik langganan gue di The Clinic Beautylosophy sama dokter Rima untuk tambal gigi, karna disana dokter nya pada recommend banget makanya sampe sekarang kalo gigi gue ada masalah selalu dateng kesana..

    ReplyDelete
  6. Amalan Penyembuh Sakit Gigi Berupa Video
    Sudah Dilihat Lebih Dari 23K Orang
    Sudah Lebih Dari 23K Yang Sudah Mengamalkannya
    Sudah Terbukti Manjur Dan Ampuh
    Klik Link Berikut Ini Untuk Tahu Cara Pengamalannya
    https://dik.si/SGigi

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya.
Terimakasih untuk tidak memasang link aktif.

Popular posts from this blog

Apa Itu Fans Karbitan?

Apa sih maksudnya fans karbitan? Fans yang berprofesi sebagai tukang las kah? Hahahaha, tentu bukan. Fans karbitan adalah fans yang tidak memiliki kesetiaan atau fans yang muncul disaat senang dan menghilang disaat susah. Logo resmi fans karbitan versi Liga Primer Fans karbitan tak selalu buta sepak bola (terutama klub dukungannya), tapi yang jelas mereka adalah tipikal yang mau enaknya saja, jadi fans pun hanya karena ingin eksis. Mereka juga bukan pecinta sepakbola netral yang bisa saja tidak menjadi fans tim / klub tertentu. Berikut adalah 7 indikator fans karbitan: 1). Glory Hunter  (25%) Setiap fans biasanya memang lahir dari masa kejayaan klub. Jadi, jika klub dukungannya sedang berjaya, sulit untuk memvonis dia sebagai karbitan. Yang terpenting dan yang menjadi elemen utama adalah loyalitas, yaitu disaat klub mengalami masa sulit, dukungannya tetap ada.  2). Mendukung lebih dari satu klub disatu kompetisi   (25%) Mengaku fans lebih dari satu klu

Beda Banci, Bencong, Waria dan Gay

Ini adalah postingan paling bikin "geli" yang pernah saya tulis. Berhubung sejak era globalisasi fenomena invasi makhluk-makhluk non mitologi ini semakin marak dan cukup mengkhawatirkan, akhirnya saya beranikan juga jari-jari ini untuk terus mengetik. Semoga hasil tulisan ini layak baca dan tidak kena RUU Pornografi atau saya nggak di demo ama mereka, hihihihi!! 1. Banci Mereka adalah sosok makhluk yang terlahir dengan jenis kelamin laki-laki pada akta kelahiran, tapi sayangnya akta tidak menuliskan kalau naluri mereka perempuan. Ya, tampilan luar mereka seperti laki-laki tapi pembawaannya gemulai seperti perempuan, sekalipun mereka mengaku laki-laki. Banci bukanlah bencong yang biasa diuber Satpol PP di taman kota, mereka ini biasanya beredar di hotel, salon-salon atau butik dan jangan salah, mereka ini banyak juga yang elit loh... Ciri berpakaian ( ga patokan sih ): kemeja transparan dan celana kulit ketat, terlihat macho? Bagaimana jika dipadukan dengan highheels ? 2.

Perbedaan Jacket, Sweater, Cardigan, Jas dan Blazer

Mungkin sudah banyak yang mengetahui 5 jenis outerwear ini, tapi masih banyak juga yang keliru membedakannya. Blazer disebut jacket, cardigan disebut sweater dan begitu seterusnya. Agar tidak salah kaprah, berikut perbedaan masing-masingnya. Jacket, Sweater, Cardigan, Jas, Blazer 1. Jacket Jacket adalah outerwear yang memiliki banyak varian bahan dan desain seperti kulit, parasut, denim. Umumnya memakai bahan yang kedap air atau tidak mudah basah serta berat dan akan terasa gerah jika dipakai dalam waktu yang lama. 2. Sweater Sweater adalah outerwear berkontur tebal dengan bahan yang lembut dan hangat. Biasanya dari benang wol. Kekeliruan sering terjadi saat menyebut sweater sebagai cardigan. Sweater merupakan terusan, tanpa kancing atau resleting. 3. Cardigan  Cardigan bisa dibilang turunan dari sweater tapi dengan kontur yang lebih tipis dan slim. Desain cardigan bisa dibilang seperti hasil 'kawin silang' antara sweater dengan kemeja, hal yang jadi